Soal Latiahan Kepesantrenan

I. PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING BENAR!
1. Ahlussunnah wal Jamaah menetapkan sumber dasar pemikiran keagamaannya, yaitu…
Al Qur’an, Al Hadist, Al Ijma’, Al Qiyas
b.     Al Qur’an, Al Hadist, Al Ijma’, Al Washiyah
c.       Al Qur’an, Al Hadist, Al Ijma’, Al Istihsan
d.      Al Qur’an, Al Hadist, Al Qiyas, Al Ijtihad
e.       Al Qur’an, Al Hadist, Al Qiyas, Al Istidlal
2. Penggunaan Al Ijma’ sebagai salah satu sumber hukum dalam Islam bentuknya adalah…
a.       Menganalogikan satu masalah dengan masalah lain yang sudah ada nashnya
b.      Mengkatagorikan berbagai masalah sebagai ukuran penetapan hukum
c.       Kesepakatan para ulama atas suatu persoalan sesudah rosulullah wafat
d.      Pembukuan hasil-hasil ijtihad para sahabat
e.       Memilih dan menetapkan pendapat terkuat berdasarkan dalil nash
3.  Firqah dalam Islam yang menolak penggunaan Al Ijma’ sebagai sumber hukum adalah…  
a.       Syiah
b.      Mu’tazilah
c.       Ahlusunnah
d.      Jabariyah
e.       Murjiah
4. Upaya seorang mujtahid dalam menganalogikan satu kasus baru terhadap kasus lain yang sudah ada ketentuan hukumnya karena memiliki kesamaan illat hukum di sebut…
a.       Ijma’
b.      Qiyas
c.       Ijtihad
d.      Istihsan
e.       Istidlal
5.  metode berfikir Ahlussunnah wal Jamaah memiliki cirri antara lain…
a.       Mendahulukan dalil aqli daripada dalil naqli
b.      Jika terjadi perbedaan antara nash dan akal, mendahulukan akal
c.       Hanya menggunakan dalil naqli tanpa penalaran
d.      Memposisikan akal sebagai alat bantu untuk memahami nash
e.       Hanya menguakkan penalaran tanpa memperhatikan nash
6. berikut ini yang tidak termasuk cirri khas pemikiran ahlussunnah wal jamaah dalam bidang akidah adalah…
a.       Menempatkan posisi dalil aqli di bawah dalil naqli
b.      Berusaha memeurnikan aqidah islam dari pengaruh aqidah dari luar
c.       Suka mengkafirkan kelompok lain
d.      Berpegang pada sikap tawqif dalam masalah-masalah mutasyabbihat
e.       Berpegang pada tanzih masalah-masalah mutasyabbihat
7. jika sudah di temukan nash yang sharih dan qath’i mengenai suatu masalah, maka ulama Ahlussunnah wal Jamaah berusaha…
a.       Menafsirkan secara rasional
b.      Mena’wilkan agar mudah dipahami
c.       Menolak jika bertentangan dengan penalaran
d.      Memadukan berbagai perbedaan penafsiran
e.       Melaksanakannya dengan tanpa menafsirkannya
8. salah satu prinsip Ahlussunnah wal Jamaah di bidang tasawuf adalah mencegah sikap al-Ghuluw yang artinya…
a.       Dua ujung sikap ekstrim
b.      Suka berlebihan
c.       Memaksakan kehendak
d.      Menjauhkan diri dari pergaulan
e.       Menolak pendapat aliran lain
9. pernyataan di bawah ini yang menunjukkan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah tentang sifat Allah adalah…
a.       Allah tidak memiliki sifat karena sifat itu tidak qodim
b.      Jika Allah memiliki sifat maka ada dua yang qadim
c.       Allah memiliki sifat dan tidak perlu dita’wil
d.      Sifat Allah itu bukan Dzat-Nya meskipun tidak terlepas dari Dzat-Nya
e.       Sifat-sifat Allah itu sama dengan sifat-sifat makhluknya
10. dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadist nabi yang menerangkan sifat-sifat Allah, Ahlusunnah wal Jamaah bersikap…
a.       Memahaminya secara harfiyah
b.      Mengartikannya secara simbolis
c.       Memahaminya sebagai berbilangnya yg qadim
d.      Menetapkan bahwa sifat Allah tidak abadi
e.       Menetapkan bahwa sifat Allah berwujud sendiri terlepas dari dzat-nya
11. bacalah pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1)      Allah dapat dilihat kelak di akhirat
2)      Pelaku dosa besar yang belum bertobat pasti masuk neraka
3)      Al Qur’an adalah kalamullah yang qadim
4)      Segala kewajiban dapat diketahui dengan akal
5)      Menetapkan sifat Allah tidak boleh membawa pada antropomorphisme
Dari kelima pernyataan tersebut yang merupakan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah adalah…
a.       Pernyataan nomor (1),(2) dan (3)
b.      Pernyataan nomor (1),(2) dan (4)
c.       Pernyataan nomor (1),(2) dan (5)
d.      Pernyataan nomor (1),(3) dan (4)
e.       Pernyataan nomor (1),(3) dan (5)
12. bertaubat bagi kaum sufi berarti…
a.       Bertaubat dari kelalaian mengungat Allah
b.      Bertobat dari dosa-dosa besar
c.       Bertobat dari kebiasaan melakukan maksiat
d.      Bertobat dari dosa-dosa kecil
e.       Menyadari kesalahan dan mohon ampun atas segala dosa
13. meninggalkan segala sesuatu yang tidak jelas halal-haramnya disebut…
a. zuhud
b. wara’
c. tawakkal
d. faqru
e. ridla
14. di antara factor eksternal yang mempengaruhi timbulnya firqah dalam Islam adalah…
a. timbulnya kajian keimanan
a.       b. munculnya tokoh-tokoh agama dari kalangan non-arab
b.      persengketaan politik antara pihak Ali dan Muawiyah
c.       perpindahan pusat pemerintahan Islam ke luar Madinah
d.      banyak tokoh politik didaerah yang memerdekakan diri
15. manusia memiliki kemampuan untuk memilih, menentukan dan mewujudkan perbuatannya, Al-Asy’ari membedakan antara kata khaliq(menciptakan) dan kasab(mengupayakan). Allah adalah pencipta (khaliq) perbuatan manusia, sedangkan manusia yang mengupayakannya. Dasar yang menjadi penguat pendapat ini adalah firman Allah dalam AlQur’an surat…
a.       As Shaffat ayat 96
b.      As Shaffat ayat 69
c.       As Syura ayat 11
d.      Al Qiyamah ayat 22
e.       An Nisa ayat 4
16. sesudah pemerintahan khulafaur rasyidin umat Islam telah terpecah menjadi tiga kelompok, yaitu…
a.       Khawarij, Murjiah, Dan Syiah
b.      Khawarij, Syiah Dan Qadariyah.
c.       Syiah, Qadariyah, Dan Murjiah
d.      Syiah, Mu’tazilah, Khawarij
e.       Mu’tazilah, Qadariyah Dan Jabariyah
17. dari aliran-aliran pada masa Daulah Abbasiyah muncul kelompok yang lebih besar pengaruhnya dikalangan umat Islam, yaitu…
a.       Mu’tazilah, Asyariyah, Dan Maturidiyah
b.      Mu’tazilah, Syiah, Dan Khawarij
c.       Mu’tazilah, Khawarij, Dan Maturidiyah
d.      Mu’tazilah, Syiah, Dan Murjiah
e.       Mu’tazilah, Khawarij, Dan Murjiah
18. bacalah pernyataan-pernyataan ini!
1)      Mudah mengkafirkan orang yang tidak sefaham dengan mereka.
2)      Islam yang benar hanyalah yang mereka pahami dan amalkan.
3)      Pemerintah yang tidak sepaham dengan mereka dianggap sesat, sehingga wajib diganti dengan imam dari golongan mereka sendiri.
4)      Berusaha semaksimal mungkin untuk memurnikan aqidah Islam dari segala pengaruh dan campuran
5)      Kebudayaan yang sesuai dengan ajaran Islam dapat di terima dan dikembangkan, sebaliknya yang bertentangan harus ditinggalkan.
Dari kelima pernyataan tersebut yang merupakan ciri-ciri golongan khawarij adalah…
a.       pernyataan nomor (1),(2) dan (3)
b.      pernyataan nomor (1),(2) dan (4)
c.       pernyataan nomor (1),(2) dan (5)
d.      pernyataan nomor (1),(3) dan (4)
e.       pernyataan nomor (1),(3) dan (5)
19. bacalah pernyataan-pernyataan ini!
1)      Adanya “al wa’du wal wa’id” (janji dan ancaman) mengharuskan orang yang baik masuk surge dan orang jahat masuk neraka.
2)      Al Qur’an adalah makhluk dan ayat-ayat mutasyabbihat wajib di ta’wil
3)      Manusia bebas menentukan perbuatannya sendiri dari campur tangan Allah.
4)      Percaya kepada imam merupakan salah satu rukun iman.
5)      Surge dan neraka tidak kekal, karena yang kekal hanya Allah.
a.       pernyataan nomor (1),(2) dan (3)
b.      pernyataan nomor (1),(2) dan (4)
c.       pernyataan nomor (1),(2) dan (5)
d.      pernyataan nomor (1),(3) dan (4)
e.       pernyataan nomor (1),(3) dan (5)
20. bacalah pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1)      Selalu berpegang teguh pada Al Qur’an dan As Sunnah, dengan menggunakan metode dan sistem yang dapat dipertanggungjawabkan dan melalui jalur-jalur wajar.
2)      Pada masalah yang sudah ada dalil nash yang sharih dan qath’i (tegas dan pasti), tidak boleh ada campur tangan pendapat akal.
3)      Pada masalah dhanniyat (tidak tegas dan tidak pasti), dapat ditoleransikan adanya perbedaan pendapat selama tidak bertentangan dengan prinsip agama.
Dari pernyataan-pernyataan di atas termasuk dalam bidang apa…
a.       Aqidah
b.      Syariah
c.       Tasawwuf
d.      Kebudayaan
e.       Dakwah 

II. JAWABLAH DENGAN BENAR!
1.      Sebutkan prinsip yang menjadi dasar metode berfikir Ahlussunnah wal Jamaah ?
2.      Karakter manhaj berfikir Ahlussunnah wal Jamaah adalah “Tawassuth”. Berikan contoh dari karakter tersebut dalam pergaulan antar golongan !
3.      Tulislah ayat yang menjadi dasar bahwa Allah dapat dilihat kelak di akhirat !
4.      Al Qur’an dapat dipahami sebagai Kalam Nafsinya Allah dan Kalam Lafdzi. Apakah yang dimaksud dengan istilah tersebut ?
5.      Sebutkan dua faktor yang menyebabkan timbulnya firqah-firqah dalam Islam !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN UPDATE SYSTEM & UPDATE MASTER

Soal Latihan Pondok Pesantren

SOAL BAHASA INGGRIS SEMESTER 1 KELAS 1 SMK