Soal latihan Pondok Pesantren



I. Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.      Beberapa sarjana berpendapat bahwa masuknya agama islam ke Indonesia berasal dari Gujarat India, bukan dari Arab, mereka mendasarkan pendapatnya pada…
a.       Gelar yang dipakai oleh raja-raja islam di Pasai sama dengan gelar raja-raja di India.
b.      Muballigh yang menyebarkan Islam ke Indonesia adalah para pedagang keturunan India.
c.       Batu nisan yang ditemukan di Pasai bertahunkan 1428, sama bentuknya dengan batu nisan yang terdapat di Gujarat
d.      Pada awal masuknya Islam di Indonesia, belum ada kontak perdagangan dengan Arab, tetapi dengan Gujarat.
e.       Bangsa Indonesia masih serumpun dengan bangsa India.
2.      Pendapat yang mengatakan agama Islam masuk ke Indonesia pada abad XII dan berasal dari India, Mengandung kelemahan, antara lain…
a.       Ketika kerajaan Samudra Pasai berdiri, Gujarat masih merupakan kerajaan Hindu, sehingga tidak mungkin Islam tersebar dari kerajaan Hindu.
b.      Gujarat tidak merupakan jalur perdagangan antara Indonesia dan Arab, sehingga para pedagang Arab muslim tidak mungkin singgah di Gujarat untuk menyebarkan Islam.
c.       Para muballigh  yang menyebarkan Islam ke Indonesia kebanyakan adalah keturunan Arab, sehingga mereka membawa Islam langsung dari Arab, bukan Gujarat.
d.      Sebelum abad ke 12 sudah banyak kerajaan Islam berdiri di daratan Nusantara, sehingga dapat dipastikan Islam sudah berkembang jauh sebelum abad ke 12.
e.       Pada sekitar abad ke 12 hubungan perdagangan Indonesia yang dominan justru dengan Tiongkok, sehingga dimungkinkan Islam dating ke Indonesia melalui Tiongkok.
3.      Dalam seminar tentang masuknya agama Islam ke Indonesia di Medan 17-20 Maret 1963 disepakati bahwa agama Islam pertama kali masuk ke Indonesia…
a.       Pada abad ke 7 dari Arab melalui Tiongkok.
b.      Pada abad ke 7 lansung dari Arab.
c.       Pada abad ke 12 dibawa oleh pedagangb Gujarat.
d.      Pada abad ke 12 dari Arab melalui Gujarat.
e.       Pada abad ke 7 sampai abad ke 12 dari Gujarat yang berasal dari Arab.
4.      Sarjana-sarjana berikut berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 langsung dari Arab, kecuali…
a.       Sir Thomas Arnold
b.      Prof. Sayyid Qodarullah
c.       Zainal Arifin Abbas
d.      H.M. Zainuddin
e.       Husein Joyodiningrat
5.      Kerajaan Islam yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah…
a.       Kerajaan Demak di Jawa Tengah
b.      Kerajaan Samudra Pasai di Aceh
c.       Kerajaan Ternate di Maluku
d.      Kerajaan Giri di Jawa Timur
e.       Kerajaan Goa di Kalimantan
6.      Di desa leran, Gresik ditemukan makam Fatimah binti Maimun yang bertahun 475-495H. Penemuan itu membuktikan bahwa Islam sudah berkembang di Gresik pada tahun tersebut, karena…
a.       Fatimah binti Maimun penyebar agama Islam di Gresik.
b.      Pemakaman Fatimah binti Maimun secara Islam, menunjukkan bahwa masyarakatnya sudah beragama Islam.
c.       Penulisan tahun hijriah, menunjukkan masyarakatb di daerah itu sudah mengenal agama Islam.
d.      Sebelum agama Islam masuk, tidak ada orang mati yang dimakamkan, tetapi dibakar.
e.       Gresik merupakan pusat perdagangan di Jawa, yang banyak didatangi oleh pedagang Islam.
7.      Dakwah Islam di Indonesia mulai intensif sejak periode…
a.       Pedagang Gujarat
b.      Walisongo
c.       Berdirinya kerajaan-kerajaan Islam
d.      Masuknya modernisasi Islam
e.       Kemerdekaan Indonesia
8.      Dakwah Islam di Indonesia mulai intensif pada abad…
a.       Pertama Masehi
b.      Ketujuh Masehi
c.       Kedua belas Masehi
d.      Keempat belas Masehi
e.       Kedua puluh Masehi
9.      Para muballigh menyebarkan agama Islam ke Indonesia dengan cara…
a.       Damai
b.      Sembunyi-sembunyi
c.       Sambilan
d.      Pemaksaan
e.       Peperangan
10.  Kondisi berikut menyebabkan percepatan penyebaran Islam di Indonesia, kecuali…
a.       Suplai dana yang sangat tinggi yang diterima oleh para muballigh untuk biaya dakwah.
b.      Doktrin keimanan yang berintikan kesamaan kedudukan kelas-kelas social sebelumnya.
c.       Cara dakwah para muballigh yang bertahap dan memperkecil beban masyarakat.
d.      Prilaku arif para muballigh yang dapat menarik simpati masyarakat.
e.       Prilaku para muballigh yang selalu menghormati adat, tradisi, dan nilai-nilai yang menjadi milik masyarakat.
11.  Nilai-nilai lama yang berkembang di masyarakat dan tidak bertentangan dengan akidah Islam, disikapi para muballigh dengan cara…
a.       Melestarikan dan memasukkannya sebagai budaya Islam.
b.      Melestarikan dan memberikan kekuatan dengan dalil-dalil agama.
c.       Membiarkan dan mewarnainya dengan nafas Islami.
d.      Meluruskan dan menyasuaikannya dengan syariat Islam.
e.       Meneliti kembali dan membandingkannya dengan syariat dan budaya Islam.
12.  Karakteristik yang dimiliki oleh para muballigh Islam di Indonesia adalah…
a.       Tadabbur, tafakkur, dan taallum.
b.      Tawadlu’, tarahum, dan taawun.
c.       Tasyawur, tafahum, dan tasamuh.
d.      Tawassuth, tawazun, dan tasamuh.
e.       Shiddiq, amanah, dan ‘adalah.
13.  Karakteristik para muballigh sebagaimana pada no 12 di atas menunjukkan bahwa faham keagamaan yang berkembang di Indonesia adalah…
a.       Syi’ah
b.      Khawarij
c.       Mu’tazilah
d.      Salafiyah
e.       Ahlussunnah wal jamaah
14.  Sebagai bukti dari faham keagamaan dan madzhab yang berkembang pada masa permulaan perkembangan Islam di Indonesia adalah Syafi’iyah, prof, Dr. Hamka mendasarkan pendapatnya ini pada…
a.       Sikap kerendahan hati dari raja-raja Samudra pasai yang merupakan cirri khas madzhab Syafi’i.
b.      Gelar raja-raja Samudra pasai yang memakai gelar raja-raja Mesir dan Damaskus yang menganut madzhab Syafi’i.
c.       Batu nisan di Sumatera Utara dan Gresik yang sama bentuknya dengan yang ada di Malabar yang masyarakatnya bermadzhab Syafi’i.
d.      Tata cara perkawinan yang dilakukan oleh kasunanan Cirebon yang sesuai amaliyah madzhab Syafi’i.
e.       Para muballigh adalah da’i yang dikirim oleh Khilafah Abbasiyah yang pada saat itu mengembangkan madzhab Syafi’i.
15.  Peneliti mengatakan bahwa kerajaan Samudra Pasai dengan rajanya Malikudz Dzahir, yang shalih, rendah hati dan semangat keIslaman bersama rakyatnya yang patuh mengikuti madzhab Syafi’I adalah…
a.       Ibnu Khaldun
b.      Ibnu Bathuthah
c.       Sir Thomas Arnold
d.      Prof, Dr. Hamka
e.       Husein Jayadiningrat
16.  Kitab Ar-Risalah karya Imam As Syafi’I, berisi…
a.       Kumpulan hadits yang merupakan rujukan hukum-hukum fiqih.
b.      Pokok-pokok ajaran fiqih yang merupakan rujukan dari kitab-kitab fiqih sesudahnya.
c.       Syarah dari kitab fiqih yang menjadi pedoman ulama syafi’iyah.
d.      Hukum-hukum fiqih yang sangat rinci beserta dalil dan dasar pengambilan hukumnya.
e.       Dasar-dasar ushul fiqih yang menjadi dasar pemikiran untuk berijtihad.
17.  Kitab-kitab standar dalam masalah aqidah, yang sejak semula sudah berkembang di Indonesia, adalah kitab-kitab dari ulama…
a.       Asy’ariyah
b.      Ibnu Taimiyah
c.       Qadariyah
d.      Jabbariyah
e.       Syafi’iyah
18.  Sebagai kitab pedoman dalam masalah Akhlaq-Tasawuf adalah…
a.       Al umm karya Imam Syafi’i
b.      Al Ibanah karya Imam Al Asy’ari
c.       Ihya’ Ulumuddin karya Imam Al Ghazali
d.      Al Jami’us Sholih karya Imam Al Bukhori
e.       Minhajut Tholibin karya Imam An Nawawi
19.  Pertama kali Islam masuk ke Indonesia singgah di daerah…
a.       Sumatera
b.      Sulawesi
c.       Kalimantan
d.      Jawa
e.       Maluku
20.  Para generasi penerus (kader muballigh) mengembangkan strategi dan pendekatan penyebaran Islam melalui lembaga…
a.       Dakwah
b.      Perdagangan
c.       Pesantren
d.      Kerajaan
e.       Peperangan

II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini!
1.      Paham keagamaan Islam yang berkembang di Indonesia pada masa permulaan adalah Ahlussunnah wal Jamaah berintikan madzhab Syafi’i. Sebutkan bukti yang memperkuat kesimpulan tersebut!
2.      Para muballigh berdakwah secara bertahap dan memperkecil beban yang bisa dirasakan masyarakat. Disamping itu mereka menghormati adat, tradisi, dan nilai-nilai yang sudah ada dan menjadi milik masyarakat. Sebutkan beberapa prinsip yang mendasari sikap ini!
3.      Sebutkan hal-hal yang dikemukakan Ibnu Bathutah dalam bukunya”Ar Rihlah”!
4.      Pesntren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia, pesantren berperan sebagai pusat pendalaman pemahaman ajaran Islam dan dakwah Islamiyah secara lebih sistematis dan terarah. Sebutkan tahap-tahap permulaan dalam pesantren!
5.      Apa nama buku Sir Thomas Arnold yang menyimpulkan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia sejak abad pertama Hijriyah dan langsung dari makkah bukan dari Gujarat?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANDUAN UPDATE SYSTEM & UPDATE MASTER

Soal Latihan Pondok Pesantren

SOAL BAHASA INGGRIS SEMESTER 1 KELAS 1 SMK